Sri Munika, 150210090 (2021) Pengembangan Media Papan Pancing Huruf terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.
Sri Munika, 150210090, FTK, PIAUD, 082276326779.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di TK Hafizul Ilmi ditemukan anak masih belum memenuhi tingkat perkembangan bahasa keaksaraan anak dalam mengenal huruf-huruf A-Z, menyebutkan huruf, bahkan membedakan huruf dan mengenal suara-suara benda/hewan yang ada disekitarnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Researchand Development) dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Teknik pengumpulan data melalui observasi berupa lembar validasi dari validator ahli materi dan ahli media untuk mengembang media papan pancing huruf, serta lembar observasi penilian guru untuk anak. Hasil validasi ahli media dan ahli materi pengembangan media menunjukkan bahwa kelayakan media papan pancing huruf untuk ahli media merupakan kategori sangat layak dengan hasil persentase pada sebesar 86%, dan ahli materi merupakan kategori sangat layak dengan hasil persentase 87 %. Kepraktisan penggunaan media papan pancing huruf terhadap perkembangan bahasa anak usia
4-5 tahun berdasarkan dari lembar observasi penilaian guru untuk anak menunjukkan bahwa media yang digunakan untuk anak sangat praktis dengan hasil persentase sebesar 90%. Oleh karena itu dapat disimpulkam bahwa media papan pancing huruf sangat layak dan sangat praktis digunakan terhadap perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sri Munika |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 02:22 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 02:22 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19729 |