Nur Hidayanti, 160205070 (2021) Pengaruh Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Nur Hidayanti, 160205070, FTK, PMA, 082246399882.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB) | Preview
Abstract
Hasil belajar matematika siswa masih kurang optimal. Hal ini dikarenakan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu dalam proses pembelajaran guru lebih mendominasi, sehingga siswa cenderung pasif, akibatnya siswa tidak minat dalam belajar dan belum terlihat kerjasama di antara siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut model pembelajaran group investigation adalah salah satu alternatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar matematika siswa ini daripada model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Banda Aceh dengan kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang diambil dengan tehnik Random Sampling, yaitu tehnik pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation adalah 85,38. Sedangkan rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 61,06. Selanjutnya berdasarkan uji-t hipotesis, maka diperoleh t_hitung>t_tabel, yaitu 6,51 > 1,70, berada pada daerah ditolak H_0 sehingga terima H_1 maka dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar matematika siswa yang diajarkan melalui pembelajaran group investigation terdapat pengaruh setelah diterapkan model”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Drs. Burhanuddin AG, M.Pd. Pembimbing 2 : Darwani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Model Group Investigation |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Hidayanti |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 02:18 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 02:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19731 |