Penerapan Model ICARE dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Amina Astia, 140209074 (2021) Penerapan Model ICARE dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of : Penerapan Model ICARE]
Preview
Text (: Penerapan Model ICARE)
Amina Astia, 140209074, FTK, PGMI, 083188572629.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (49MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan dari individu peserta didik untuk mencapai suatu keinginan dalam belajar. Dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi peserta didik akan terpacu dalam memahami materi belajar dan senantiasa bersemangat dalam proses pembelajaran. Akan tetapi sebagian besar peserta didik belum menunjukkan tanda-tanda adanya motivasi belajar dalam diri mereka, yang pada kenyataannya tingkat percaya diri peserta didik rendah. (1) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik. (2) Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV MIN 20 Aceh Besar. (3) Subjek dalam penelitian ini berjumlah 37 orang, peserta didik laki-laki berjumlah 11 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 26 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, hasil penelitian dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I 80 dengan kategori (baik), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 91 dengan kategori (sangat baik). Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I 74 dengan kategori (rendah), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,25 dengan kategori (baik). Setelah menggunakan Model ICARE pada siklus I diperoleh 67,56 % dan pada siklus II motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 83,78%. Dengan menggunakan Model ICARE dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan berbagai macam kegiatan menarik dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amina Astia Mina
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:18
Last Modified: 08 Feb 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item
View Item