Pengelolaan Sampah Tanggul Ulee Lheue Dalam Upaya Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Kota Banda Aceh

M. Rizky Ramadhan, 170403091 (2022) Pengelolaan Sampah Tanggul Ulee Lheue Dalam Upaya Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Sampah Tanggul Ulee Lheue Dalam Upaya Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Sampah Tanggul Ulee Lheue Dalam Upaya Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan Dan Keindahan Kota (DLHK3) Kota Banda Aceh)
M. Rizky Ramadhan, 170403091, FDK, MD, 082229037318.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengelolaan Sampah Tanggul Ulee Lheue dalam Upaya Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota(DLHK3) Kota Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sampah tanggul tersebut. Permasalahan yang terjadi adalah masih banyak sampah yang berserakan di sepanjang Tanggul Ulee Lheue Banda Aceh permasalahan ini sangat berkaitan dengan ekosistem laut yang ada di Tanggul Ulee Lheue, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sampah, dampak sampah terhadap lingkungan, dan peluang serta tantangan pengelolaan sampah di Tanggul Ulee Lheue. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, taknis wawancara melalui secara langsung dengan informan dan melalui media instagram serta whatsapp. Sumber wawancara yang dilakukan yaitu dengan kepala bidang dinas DLHK3, Duta lingkungan dan masyarakat. Validitas data menggunakan teknik membandingkan pernyataan informan satu dangan informan yang lain, analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pengumpulan data display kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pentingnya pengelolaan sampah yang dimana jikasampah ini tidak dikelolah dengan baik akanberdampak negatif pada lingkungan disekitar yang berdampak oleh sampah ini, masyarakat sangat berpengaruh untuk proses jalannya program ini, untuk hal ini masyarkat untuk mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan. Hambatan dalam pengelolaan ini adalah biaya dan juga partisipasi masyarakat sangat kurang. Maka dari itu mari berpartisipasidalam pengelolaan sampah ini dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan sampah plastik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: M. Rizky Ramadhan
Date Deposited: 10 Feb 2022 03:18
Last Modified: 10 Feb 2022 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19776

Actions (login required)

View Item
View Item