Urgensi Bimbingan Islami Terhadap Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sigli (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sigli)

Yuni Safrina, 160402102 (2021) Urgensi Bimbingan Islami Terhadap Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sigli (Studi pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sigli). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Urgensi Bimbingan Islami Terhadap Warga Binaan]
Preview
Text (Urgensi Bimbingan Islami Terhadap Warga Binaan)
Yuni Safrina, 160402102, FDK, BKI, 085370123411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sigli memberikan layanan bimbingan islam untuk membantu para WBP menghadapi berbagai masalah yang dialaminya serta sebagai sarana dan prasarana untuk memperbaiki diri. WBP memiliki masalah internal maupun eksternal. Bimbingan islam dinilai sangat penting dan mampu membatu WBP bagkit menjadi manusia yang lebih baik lagi. Maka dari itulah penulis melakukan penelitian, yaitu Urgensi Bimbingan Islam Terhadap Warga Binaan adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuiupaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh lembaga pemasyarakatan kelas II B Sigli untuk memberikan bimbingan Islami kepada WBP di lembaga pemasyarakatan kelas II B sigli, dan bagaimana urgensi bimbingan Islami terhadap WBP di lembaga pemasyarakatan kelas II B sigli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terstruktur/terarah dan terbuka, observasi langsung (partisipan observation), dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga orang pegawai lapas yang bersangkutan dengan kegiatan pembinaan keagamaan, dan lima orang (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sigli. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kegiatan Bimbingan Islami merupakan hal yang penting untuk dilakukan dan merupakan kegiatan yang positif bagi warga binaan. dalam kegiatan bimbingan islam di lapas terdapat beberapa upaya yang diberikan oleh lembaga kepada warga binaan sesuai dengan program yang sudah di tetap kan di lapas yaitu dengan cara ceramah agama, mengajarkan warga binaan tata cara shalat, mengaji, tausyiah, dan tadarusan. Bimbingan tersebut diberikan oleh petugas lapas yang bersangkutan di bidang keagamaan, dan juga para ustadz yang di datang kan dari luar. Kendala yang dihadapi petugas dalam memberikan Bimbingan yaitu masih banyak di antara warga binaan yang kurang serius dalam menyimak, malas dan bosan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yuni Safrina Yuni
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:14
Last Modified: 11 Feb 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item
View Item