T. Syibran Mullasi Sattar, 170901189 (2021) Perbedaan Perilaku Pro – Lingkungan Pada Siswa Pendidikan Pesantren Dan Siswa Pendidikan Umum. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
T. Syibran Mullasi Sattar, 170901189, FPSI, PSI, 085320861486.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang permasalahan-permasalahan lingkungan yang semakin meningkat setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan perilaku pro-lingkungan berdasarkan sistem pendidikan pada siswa pendidikan pesantren dan siswa pendidikan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik komparasi. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan skala perilaku pro-lingkungan Larson et al., (2015). Jumlah populasi sebanyak 643 orang dengan sampel 221 siswa, pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai t = 6,689, p = 0,000 dimana nilai perilaku pro-lingkungan pada siswa pendidikan pesantren (Mean = 112,5; SD = 13,6) dan pada siswa pendidikan umum (Mean = 101,6; SD = 9,7). Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan perilaku pro-lingkungan ditinjau berdasarkan pendidikan pada siswa, dimana perilaku pro-lingkungan siswa pendidikan pesantren lebih tinggi dibandingkan siswa pendidikan umum. Selanjutnya dengan adanya penelitian ini siswa atau santri sebagai generasi penerus ikut andil dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Perilaku Pro-Lingkungan, Pendidikan, Siswa, Santri |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
Depositing User: | T. Syibran Mullasi Sattar |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:25 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:25 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19819 |