Identifikasi Bentuk Komunikasi Efektif Orang Tua dengan Anak (Studi Deskriptif pada Keluarga Orang Tua Tunggal di Desa Cot Bak- U, Kec. Lembah Sabil, Kab. Aceh Barat Daya)

Rahimatul Mi’raj, 170402100 (2022) Identifikasi Bentuk Komunikasi Efektif Orang Tua dengan Anak (Studi Deskriptif pada Keluarga Orang Tua Tunggal di Desa Cot Bak- U, Kec. Lembah Sabil, Kab. Aceh Barat Daya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Bentuk Komunikasi Efektif Orang Tua dengan Anak]
Preview
Text (Identifikasi Bentuk Komunikasi Efektif Orang Tua dengan Anak)
Rahimatul Mi'raj, 170402100, FDK, BKI, 085270400804.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Komunikasi efektif adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh orang tua yang menginginkan anaknya mandiri. Melalui komunikasi efektif orang tua dapat membentuk kemandirian anak. Cara ibu sebagai orang tua tunggal berkomunikasi dengan anak menentukan anak tumbuh mandiri atau sebaliknya. Anak merupakan korban yang paling terluka ketika orang tuanya memutuskan untuk berpisah. Mereka kemungkinan besar merasa bersalah, tidak diterima orang tua dan kawan-kawan, sehingga perceraian bagi anak merupakan tekanan batin yang sangat menyakitkan, dan dapat berdampak terhadap perkembangan psikologis anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan memahami bentuk-bentuk komunikasi efektif antara orang tua dengan anak. (2) Untuk mengetahui dan mendalami pelaksanaan komunikasi efektif antara orang tua tunggal dengan anak. (3) Untuk mengetahui dan mempelajari kendala-kendala yang dihadapi oleh orang tua tunggal dalam membangun komunikasi efektif dengan anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi dengan sumber data berjumlah 10 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama bentuk-bentuk komunikasi antara orang tua dengan anak yaitu komunikasi antarpribadi, komunikasi kelompok, dan komunikasi pembelajaran. Kedua pelaksanaan komunikasi antara orang tua tunggal dengan anak yaitu dengan memberikan hukuman kepada anak serta mengatur kegiatan anak sehari-hari. Ketiga kendala yang dihadapi oleh orang tua tunggal dalam membangun komunikasi efektif dengan anak terbagi dua, yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal berasal dari dalam diri individu orang tunggal terkait bahasa yang digunakan, emosi yang tidak bisa dikendalikan, serta kurangnya pendidikan dan pengetahuan orang tua. Kendala eksternal berasal dari luar individu terkait lingkungan keluarga dan lingkungan sosial seperti halnya ada anak yang masih melawan orang tua serta pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Manajemen Keluarga)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rahimatul Mi'raj Rahima
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:39
Last Modified: 15 Feb 2022 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item
View Item