Pengaruh Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Pada Penguasaan Konsep Getaran Harmonis Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 1 di SMAN 2 Seunagan

Versa Nesti Marza, 170204010 (2021) Pengaruh Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Pada Penguasaan Konsep Getaran Harmonis Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 1 di SMAN 2 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Advance Organizer Berbasis 	       Eksperimen Pada Penguasaan Konsep Getaran Harmonis  Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 1 di SMAN 2 Seunagan]
Preview
Text (Pengaruh Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Pada Penguasaan Konsep Getaran Harmonis Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA 1 di SMAN 2 Seunagan)
Versa Nesti Marza, 170204010, FTK, PFS, 082223538075.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendidik masih dihadapkan dengan minimnya partisipasi para peserta didik yang ikut berperan aktif dalam pembelajaran dan minimnya keberanian peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik. Advance Organizer adalah model pembelajaran untuk solusi permasalahan yang sedang terjadi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Advance Organizer berbasis eksperimen pada penguasaan konsep getaran harmonis sederhana terhadap hasil belajar peserta dan menganalisis respon peserta didik terhadap model Advance Organizer pada penguasaan konsep getaran harmonis sederhana terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal test dan angket, soal pre-test dan pos-test sebanyak 7 soal dalam bentuk essay dengan menggunakan langkah polya dan angket sebanyak 20 pernyataan. Instrumen penelitian telah dilakukan validasi sebelum dilakukan penelitian. Hasil penelitian pada uji t data signifikan (2-tailed) diperoleh nilai signifikan 0,000. maka nilai signifikan 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Respon peserta didik menunjukkan nilai skor rata-rata data responden adalah 75,3 % (Baik). Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Advance Organizer berbasis eksperimen pada penguasaan konsep getaran harmonis sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik secara signifikan di kelas X MIA 1 SMAN 2 Seunagan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Advance Organizer berbasis eksperimen, Penguasaan konsep, dan Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Versa Nesti Marza Esa
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:12
Last Modified: 21 Feb 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19904

Actions (login required)

View Item
View Item