Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi Kawasan Ekosistem Leuser Kabupaten Aceh Timur.

Cut Dahlima Yustisia, 150703069 (2021) Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi Kawasan Ekosistem Leuser Kabupaten Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi Kawasan Ekosistem Leuser Kabupaten Aceh Timur.]
Preview
Text (Analisis Vegetasi Pohon di Wilayah Restorasi Conservation Response Unit (CRU) Serbajadi Kawasan Ekosistem Leuser Kabupaten Aceh Timur.)
Cut Dahlima Yustisia, 150703069, FST, BIO, 082237838325.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Restorasi merupakan inovasi pemerintah dalam pelestarian sumber daya alam yang bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekosistem secara berkeseimbangan yang dilatar belakangi adanya degradasi sumber daya hutan yang terus meningkat serta menimbulkan dampak negatif salah satunya menurunnya keanekaragaman jenis flora dan fauna, yang sangat luas dari aspek lingkungan atau ekologi. Wilayah Restorasi CRU Serbajadi merupakan salah satu restorasi baru yang dilakukan sejak tahun 2018, terlatak di kabupaten Aceh Timur kawasan ekosistem leuser, dengan luas total wilayah 300 hektar, namun sampai saat ini belum ada data mengenai vegetasi pohon yang tumbuh dari tahun 2018 sampai sekarang, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi spesies pohon, mengetahui Indeks Nilai Penting (INP) dan Tingkat keanekaragaman spesies pohon di wilayah Restorasi CRU Serbajadi Kawasan Ekosistem Leuser Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan metode Point Centered Quarter (PCQ). Luas area penelitian 8 hektar dilakukan di 4 titik stasiun yaitu stasiun 1 terletak di belakang camp CRU Serbajadi, stasiun 2, 3 dan 4 terletak di seberang sungai depan camp CRU Serbajadi. Pengambilan sampel setiap 1000 m terdiri dari 6 transek. 1 transek 100 meter terdiri dari 6 titik, luas kuadran 10 x 10 m dengan jarak pengambilan sampel 10 m dengan total yaitu 36 transek. Untuk total keseluruhan transek pada 4 stasiun yaitu 144 transek. Dari hasil penelitian, diperoleh 81 spesies dari 33 famili dengan jumlah individu keseluruhan 514. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan Indeks Nilai Penting (INP) yang ditemukan adalah spesies Macaranga tanarius (INP =26,49), Indek keanekaragaman jenis Shannon-Wienner (Ĥ) di wilayah tersebut tergolong dalam katagori tinggi yaitu dengan nilai indek keanekarangaman Shannon Wiener (Ĥ) = 3,72.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muslich Hidayat, M.Si Pembimbing II : Diannita Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Restorasi Ekologi, Restorasi CRU Serbajadi, Keanekaragaman
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Cut Dahlima Yustisia
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:06
Last Modified: 22 Feb 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19922

Actions (login required)

View Item
View Item