Benteng Cangrui Dalam Mempertahankan Gayo Lues Dan Kondisi Saat Ini (Kajian Historis Dan Arkeologis) Di Kawasan Gampong Tampeng Kecamatan Kute Panjang, Kabupaten Gayo Lues”.

Zon Naidi, 170501031 (2022) Benteng Cangrui Dalam Mempertahankan Gayo Lues Dan Kondisi Saat Ini (Kajian Historis Dan Arkeologis) Di Kawasan Gampong Tampeng Kecamatan Kute Panjang, Kabupaten Gayo Lues”. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Benteng Cangrui dalam mempertahankan Gayo Lues dan kondisi saat ini (Kajian Historis dan Arkeologis) di kawasan Gampong Tampeng Kecamatan Kute Panjang, kabupaten Gayo Lues]
Preview
Text (Benteng Cangrui dalam mempertahankan Gayo Lues dan kondisi saat ini (Kajian Historis dan Arkeologis) di kawasan Gampong Tampeng Kecamatan Kute Panjang, kabupaten Gayo Lues)
Zon Naidi, 170501031, FAH, SKI, 085215108587.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Benteng Cangrui dalam mempertahankan Gayo Lues dan kondisi saat ini (Kajian Historis dan Arkeologis) di kawasan Gampong Tampeng Kecamatan Kute Panjang, kabupaten Gayo Lues”. Benteng Cangrui ini memiliki nilai sejarah yang penting terhadap wilayah Gayo Lues dalam melawan penjajah Belanda pada masa lampa, benteng ini merupakan salah satu benteng terakhir masyarakat Aceh di Gayo Lues. Namun lokasi, bentuk, dan bahan pembuatan benteng ini masih belum diketahui secara jelas sehingga menjadi alasan utama dilakukanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang didirikannya Benteng Cangrui di Gayo Lues, untuk mengetahui perlawanan rakyat di Benteng Cangrui dalam mempertahankan Gayo Lues, untuk mengetahui kondisi Benteng Cangrui saat ini, untuk menjelaskan permasalahan diatas maka teknik penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian sejarah antara lain, (Heuristik, Kritik sumber, Interpretasi dan Historiografi), Metode Arkeologi antara lain, (Penjajagan, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi). Dari hasil penelitian diketahui Benteng Cangrui terletak di Gampong Tampeng untuk bambu Cangrui yang merupakan benteng tumbuh subur mengelilingi Gampong, diketahui juga bahwasanya Benteng Cangrui sudah ada sejak lama sebelum Belanda datang ke Aceh dan hancur setelah penyerangan Belanda ke Gayo Lues pada tahun 1904. Keberadaan Benteng Cangrui tersebut menunjukan bahwa kawasan ini merupakan bekas Benteng pertahanan serta pemumkiman di tengah-tengah, kuburan masal pahlawan dan kuburan Reje Bambel yang ditemukan di lokasi situs memberi gambaran tentang perlawanan masyarakat Gayo Lues terhadap Belanda di masa lampau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Benteng Cangrui, Pertahanan, Gayo Lues.
Subjects: 900 Geography and History > 908 Sejarah yang berkaitan dengan jenis orang
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Zon Naidi
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:42
Last Modified: 22 Feb 2022 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item
View Item