Bentuk -Bentuk Kemandirian Para Janda Dalam Mengembangkan Ekonomi Keluarga (Studi di Gampong Meunasah Raya Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya)

Ayu Anaiya, 160402066 (2021) Bentuk -Bentuk Kemandirian Para Janda Dalam Mengembangkan Ekonomi Keluarga (Studi di Gampong Meunasah Raya Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemandirian Para Janda]
Preview
Text (Kemandirian Para Janda)
Ayu Anaiya, 160402066, FDK, BKI, 082277304005.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterikatan aturan emosional, dimana individu tersebut mempunyai perannya masing-masing, namun tidak semua keluarga sempurna dan utuh artinya tidak semua keluarga beranggotakan lengkap ada yang sudah tidak memiki peran seorang suami lagi oleh sebab itu ibu lah yang harus menjalankan peran ganda. Jadi, kemandirian pada jiwa single parent sangat diperlukan untuk menjalankan peran ganda disektor domestik dan disektor publik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kemandirian para janda dalam mengembangkan ekonomi keluarga di Gampong Meunasah Raya, cara para janda dalam mengembangkan ekonomi keluarga di Gampong Meunasah Raya, hambatan yang dialami para janda dalam mengembangkan ekonomi keluarga di Gampong Meunasah Raya. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) kemandirian yang ditunjukkan oleh wanita single parent belum begitu optimal, karena wanita single parent masih terbebani dengan peran gandanya, wanita single parent tidak bisa hanya berfokus untuk mencari nafkah saja tetapi juga harus menjalankan tanggung jawab sebagai seorang ibu. (2) cara para janda dalam mengembangkan ekonomi keluarga yaitu wanita single parent memiliki berbagai macam cara untuk mengembangkan ekonomi keluarganya, yaitu dengan melakukan pekerjaan yang beragam, tergantung pada peluang kerja yang ada dan yang sesuai dengan kemampuan (bakat) yang ia miliki. (3) hambatan dalam mengembangkan ekonomi keluarga yaitu wanita single parent mengalami berbagai macam hambatan dalam mencari nafkah untuk keluarganya seperti harus menempuh jarak jauh untuk bekerja, harus bisa mengelola waktu dengan baik, dan harus lebih banyak menguras tenaga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ayu Anaiya Ayu
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:44
Last Modified: 22 Feb 2022 03:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19941

Actions (login required)

View Item
View Item