Identifikasi dan Uji Aktivitas Senyawa Antimikroba Ekstrak Etil Asetat Daun Kitolod (Isotoma Longiflora)

Wilda Melia, 150703061 (2021) Identifikasi dan Uji Aktivitas Senyawa Antimikroba Ekstrak Etil Asetat Daun Kitolod (Isotoma Longiflora). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Identifikasi dan Uji Aktivitas Senyawa Antimikroba        Ekstrak Etil Asetat Daun Kitolod (Isotoma longiflora)]
Preview
Text (Identifikasi dan Uji Aktivitas Senyawa Antimikroba Ekstrak Etil Asetat Daun Kitolod (Isotoma longiflora))
Wilda Melia, 150703061, FST, BIO, 0282311520162.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan senyawa dan daya hambat ekstrak daun Kitolod (Isotoma longiflora) terhadap mikroba. Mikroba yang digunakan dalam penelitian ini adalah Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Candida albicans. Berdasarkan hasil uji fitokimia, ekstrak etil asetat daun Kitolod mengandung senyawa Alkaloid, saponin, dan Fenolik. Pengujian aktivitas antimikroba dilakukan dengan metode Kirby Bauer menggunakan 4 konsentrasi ekstrak yaitu 25%, 50%, 75% dan 100%. Perlakuan kontrol menggunakan DMSO untuk kontrol negatif, sementara kontrol positif menggunakan Vancomicin untuk Staphylococcus aureus, Kloramfenikol untuk Pseudomonas aeruginosa, dan Nistatin untuk Candida albicans. Pengulangan dilalakukan sebanyak 5 kali setiap perlakuan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa konsentrasi 75% menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus sebesar 1,708 mm dan termasuk kategori yang lemah. Sementara zona hambat yang terbentuk pada pengujian terhadap Pseudomonas aeruginosa adalah pada konsentrasi 25% dengan diameter zona hambat sebesar 2,092 mm dan termasuk kategori yang lemah. Pada pengujian terhadap jamur Candida albicans tidak adanya zona hambat. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kandungan senyawa ekstrak etil asetat daun Kitolod tidak dapat menghambat jamur Candida albicans.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Syafrina Sari Lubis, M.Si Pembimbing II : Diannita Harahap, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ekstrak etil asetat daun Kitolod, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Candida albicans, senyawa antimikroba.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Wilda Melia
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:23
Last Modified: 23 Feb 2022 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19944

Actions (login required)

View Item
View Item