Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa SMPBergaya Belajar Kinestetik

Nurul Atika, 170205044 (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa SMPBergaya Belajar Kinestetik. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel)
Nurul Atika, 170205044, FTK, PMA, 082254502348.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu tujuan dalam pembelajar matematika yang perlu dikuasai oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan siswa dalam mencari cara atau solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dapat dipengaruhi berdasarkan gaya belajar yang dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan gaya belajar kinestetik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek dipilih berdasarkan angket penggolongan gaya belajar dan menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan subjek S-1 mampu menyelesaikan TKPM 1 dengan baik dan benar serta memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah tanpa memiliki hambatan hanya pada soal no 2 subjek S-1 tidak menuliskan kesimpulan secara lengkap. Hal ini berbanding terbalik dengan TKPM 2 dimana subjek S-1 mengalami kekeliruan dalam menyelesaikan soal no 1 dan menghasilkan jawaban yang salah. Sedangkan subjek S-1 pada TKPM 1 soal no 1 hanya memuat tiga indikator kemampuan pemecahan masalah dan soal no 2 mengalami kekeliruan sehingga menghasilkan jawaban yang salah berbanding terbalik dengan hasil TKPM 2 dimana subjek S-2 mengalami kekeliruan pada no 1 dan mampu menjawab dengan baik dan benar soal no 2. Simpulan dari penelitian ini adalah subjek S-1 dan subjek S-2 memiliki kemampuan pemecahan masalah berbeda dalam menyelesaikan TKPM 1 dan TKPM 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Atika Tika
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:14
Last Modified: 23 Feb 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/19965

Actions (login required)

View Item
View Item