Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 1 Simeulue

Eka Putri Haryati, 170205067 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN 1 Simeulue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT)]
Preview
Text (Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT))
Eka Purtri Haryati, 170205067, FTK, PMA, 081393498320.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang kurang tepat serta tidak adanya pemanfaatan alat peraga. Pembelajaran masih didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar penjelasan tanpa terlibat aktif didalamnya. Kondisi seperti ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan hasil belajarnya menurun. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran dengan memanfaatkan alat peraga yang dapat menjadikan siswa berperan aktif dan memahami materi dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dikelas adalah model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar matematika siswa dengan diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Experimental (Non-Equivalent Control Group Design). Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan pertimbangan peneliti yaitu memilih kelas yang hasil belajar matematikanya rendah untuk itu didapatkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Simeulue sedangkan sampelnya kelas X IPS sebagai kelas eksperimen dan X IPA sebagai kelas kontrol. Adapun hasil analisis data untuk hipotesis statistik pertama diperoleh t_hitung=2,16 dan t_tabel=2,08 maka t_hitung>t_tabel dan untuk hipotesis statistik kedua diperoleh t_hitung=2,11 dan t_tabel=2,01 maka t_hitung>t_tabel, dari hasil analisis data kedua hipotesis tersebut didapatkan tolak H_0 dengan demikian terima H_1. Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Cooperative Learning Tipe TGT berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT berbantuan alat peraga lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa pembelajaran Cooperative Learning Tipe TGT berbantuan alat peraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Eka Putri Haryati Eka
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:05
Last Modified: 24 Feb 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20009

Actions (login required)

View Item
View Item