Yusra Mauliza, 170208037 (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 4 Langsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.
Yusra Mauliza, 170208037, FTK, PKM, 085206008290.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB) | Preview
Abstract
Penelitian tentang pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi koloid telah dilakukan di SMA Negeri 4 Langsa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi koloid di SMA Negeri 4 Langsa. Subjek penelitian ini yaitu 15 orang peserta didik kelas XII MIPA 2 dan 1 orang guru kimia. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Reasearch and Development dengan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Hasil validasi dari ketiga orang validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 83,9% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket respon guru diperoleh persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat baik. Hasil angket respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 85,8% dengan kriteria sangat baik serta perolehan hasil rata-rata nilai pada evaluasi modul sebesar 91,13. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis kearifan lokal pada materi koloid ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar di SMA Negeri 4 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul, Kearifan Lokal, Koloid |
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Yusra Mauliza Yusra |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 03:06 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20015 |