Komparatif Osteologi Tor Tambroides (Bleeker, 1854) Dan Tor Tambra (Valenciennes, 1842)

M. Radhi, 150703047 (2021) Komparatif Osteologi Tor Tambroides (Bleeker, 1854) Dan Tor Tambra (Valenciennes, 1842). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Komparatif Osteologi Tor Tambroides (Bleeker, 1854) Dan Tor Tambra (Valenciennes, 1842)]
Preview
Text (Komparatif Osteologi Tor Tambroides (Bleeker, 1854) Dan Tor Tambra (Valenciennes, 1842))
M. Radhi, 150703047, FST, BIOLOGI, 085274427980.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ikan dari genus Tor (Tor tambra dan Tor tambroides) di Aceh dikenal dengan nama ikan Keureuling, kajian osteologi kepada kedua jenis Tor ini penting untuk dikaji guna menghubungkan kaitan osteologi terhadap sistematika hidup disisi lain pemahaman terkait hubungan osteologi genus Tor terhadap lingkungannya sangat diperlukan guna implementasi identifikasi maupun korelasi terhadap kesesuaian habitat. Pengambilan sampel kedua jenis ikan dikoleksi di perairan desa Ie Jeureungeh, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya, tahapan penelitian meliputi preparasi contoh ikan, pembuatan preparat tulang rangka analisis gambar dan identifikasi terminologi, penyajian data secara deskriptif dengan membandingan hasil kajian osteologi Tor tambroides berdasarakan penelitian (Akmal et al, 2018). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada tulang ossa cranii untuk nisbah panjang dan maupun nisbah lebar tulang yang cenderung didominasi oleh Tor tombroides sedangkan Tor tambra unggul pada pengukuran karakter AE: panjang Ethmoid ke Occipital sedangkan pada pengamatan bentuk nampak secara nyata perbedaan pada tulang os preethmoidale dan os ethmoidale lateralis yang membentuk sudut yang berbeda terhadap kedua genus, pengamatan perkembangan os nasale, processus ethmoideum lateralis pada wilayah ethmoidale lebih nyata nampak perkembangan maupun penjulurannya menuju sisi optik tulang orbitale cenderung mengalami perkembangan pada Tor tambroides hal ini dapat menandakan bahwa ikan yang menggunakan indera penglihatan cenderung memiliki wilayah optik yang berkembang selanjutnya bagian Ossa vertebrae terdapat perbedaan pada wilayah Axial vertebrae (apparatus weberian) tulang Plura costae dan Processus lateralis Tor tambroides lebih nampak nyata penjulurannya ke arah samping sehingga dapat mempengaruhi tempat dudukan bagi gelembung renang kemudian pada sisi anterior Os urostylus didapati perbedaan pada jumlah yang lebih banyak pada Tor tambroides.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komparatif, Osteologi, Tor Tambroides, Tor Tambra, Ossa Neurocranii, Ossa Branciocranii, Ossa Appendikular, Ossa vertebrae.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 590 Animals (Ilmu Hewan, Ilmu Binatang) > 597.176 Ikan Air Tawar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: M. Radhi M. Radhi
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:19
Last Modified: 01 Mar 2022 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item
View Item