Keefektifan Model Pembelajaran Discoveru Learning Berbantu Media Multilink Kubus Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Reaksi Di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya.

Qori Murfiandani, 160208058 (2021) Keefektifan Model Pembelajaran Discoveru Learning Berbantu Media Multilink Kubus Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Reaksi Di SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, FaKultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Discoveru Learning Berbantu Media Multilink Kubus]
Preview
Text (Model Pembelajaran Discoveru Learning Berbantu Media Multilink Kubus)
Qori Murfiandani, 160208058, FTK, PKM, 082264631941.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mutu pelajaran kimia di kelas semakin menurun, siswa semakin tidak berminat untuk belajar kimia, sehingga hasil belajar siswa pun semakin rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media multilink kubus pada materi persamaan reaksi ditinjau dari hasil belajar siswa dan respon belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan One Shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket respon siswa dan tes hasil belajar diakhir pembelajaran, kemudian di observasi hasil belajar dalam bentuk pengolahan data nya secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media multilink kubus dikatakan efektif jika ditinjau dari hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 88%. Selain itu, penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantu media multilink kubus juga dikatakan efektif jika ditinjau dari hasil respon minat belajar siswa dengan persentase rata-rata respon minat belajar siswa sebesar 97,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Qori Murfiandani Qori
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:21
Last Modified: 25 Feb 2022 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item
View Item