Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Di Kelas Viii Mtsn 2 Aceh Besar

Amelia Casandra, 170204032 (2021) Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Di Kelas Viii Mtsn 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Di Kelas Viii Mtsn 2 Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Di Kelas Viii Mtsn 2 Aceh Besar)
Amelia Casandra, 170204032, FTK, PFS, 0895603345154.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTsN 2 Aceh Besar, menemukan sebagian besar peserta didik di dalam kelas kurang berpartisipasi, tidak begitu serius dalam belajar fisika (IPA Terpadu). Sehingga menyebabkan peserta didik cenderung pasif karena aktivitas peserta didik hanya mendengar dan mencatat. Peserta didik jarang bertanya, mengemukakan pendapat atau menyanggah pendapat sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada materi Gaya dan Hukum Newton di kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Metode penelitian ini Quasi Experiment dengan jenis Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes, teknik analisis data menggunakan statistic uji-t. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen rata-rata nilai post-test lebih tinggi sebesar 76,16 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai post-test sebesar 58,52. Hasil perhitungan dari uji-t yaitu t_hitung>t_(tabel )yaitu, 5,52>1,68 untuk taraf signifikan α=0,05 dengan demikian Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan hukum Newton di MTsN 2 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Amelia Casandra Amelia
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:01
Last Modified: 01 Mar 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20053

Actions (login required)

View Item
View Item