Pengaruh Strategi Genius Learning pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs

Putri Nadia Safira, 160205049 (2022) Pengaruh Strategi Genius Learning pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Strategi Genius Learning pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Pengaruh Strategi Genius Learning pada Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs)
Putri Nadia Safira, 160205049, FTK, PMA, 082237108933.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30MB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor penyebab kemampuan penalaran matematis siswa rendah, diantaranya adalah kurangnya keaktifan siswa dan adanya masalah dengan emosi siswa yang berdampak pada rendahnya kemampuan penalaran siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu menciptakan suasana yang kondusif dan mampu meningkatkan keaktifan siswa serta memperbaiki emosi siswa dalam proses pembelajaran diantaranya strategi pembelajaran genius learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMPN 16 Banda Aceh setelah diterapkan strategi genius learning dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan strategi genius learning dan kemampuan penalaran matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMPN 16 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis posttest kelas eksperimen dan kontrol dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan strategi genius learning lebih baik dari pada kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 16 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Nadia Safira
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:18
Last Modified: 02 Mar 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20074

Actions (login required)

View Item
View Item