Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTsN 4 Aceh Besar

Nafais Ulfa, 160205046 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTsN 4 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTsN 4 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di MTsN 4 Aceh Besar)
Nafais Ulfa, 160205046, FTK, PMA, 082366721369 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor penyebab kemampuan komunikasi matematis siswa rendah diantaranya siswa belum mampu menyelesaikan permasalahan yang bersifat nonstruktur hal itu dikarenakan siswa hanya terbiasa menyelesaikan permasalahan yang bersifat prosedural artinya permasalahan yang diselesaikan oleh siswa umumnya bukan soal-soal yang memerlukan pemahaman dan komunikasi matematis. Padahal materi yang diajarkan kepada siswa bukan hanya sekedar hafalan namun permasalahan yang menuntut komunikasi. Salah satu model pembelajaran yang diasumsikan dapat meningkatkan keaktifan siswa serta mampu membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis adalah model pembelajaran aptitude treatment interaction (ATI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model aptitude treatment interaction (ATI) dan yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa MTsN 4 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling. Sampel terdiri dari 22 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t independent. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model aptitude treatment interaction lebih baik dari pada yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di MTsN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Depositing User: Nafais Ulfa
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:18
Last Modified: 02 Mar 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20077

Actions (login required)

View Item
View Item