Uji Resistensi Dan Nilai Konsentrasi Minimum Penghambatan Escherichia coli Oleh Antibiotik Pada Es Balok di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Kota Banda Aceh.

Matoyah, 150703015 (2021) Uji Resistensi Dan Nilai Konsentrasi Minimum Penghambatan Escherichia coli Oleh Antibiotik Pada Es Balok di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Uji Resistensi Dan Nilai Konsentrasi Minimum Penghambatan Escherichia coli Oleh Antibiotik Pada Es Balok di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Kota Banda Aceh.]
Preview
Text (Uji Resistensi Dan Nilai Konsentrasi Minimum Penghambatan Escherichia coli Oleh Antibiotik Pada Es Balok di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo Kota Banda Aceh.)
Matoyah, 150703015, FST, BIO, 085275385842.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resistensi dan nilai konsentrasi minimum penghambatan Escherichia coli oleh antibiotik pada es balok di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Lampulo, Kota Banda Aceh. Sampel diambil sebanyak 1 kg. Uji daya hambat dilakukan dengan metode Kirby Bauer secara difusi menggunakan Blank disk dengan tiga perlakuan konsentrasi antibiotik amoksilin dan tetrasiklin yaitu konsentrasi 0,01 gr/ml, 0,001 gr/ml, 0,0001 gr/ml dan 1 kontrol. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) data dianalisis dengan uji Kruskall Wallis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E. coli resisten pada kedua antibiotik amoksilin dan tetrasiklin hal ini ditunjukkan dari nilai zona hambat yang terbentuk pada antibiotik amoksilin sebesar 9 mm sampai 11 mm sedangkan pada tetrasiklin 7 mm, sehingga zona hambat yang terbentuk dari kedua antibiotik tersebut kurang dari <11 mm dan <13 mm. Sedangkan nilai konsentrasi minimum penghambatan E. coli pada antibiotik amoksilin yaitu pada konsentrasi 0,001 gr/ml dengan zona hambat yang terbentuk sebesar 3 mm, sedangkan pada antibiotik tetrasiklin pada konsentrasi 0,01 gr/ml sebesar 7 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resistensi antibiotik, Escherichia coli, Konsentrasi hambat minimum.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Matoyah Matoyah
Date Deposited: 02 Mar 2022 04:24
Last Modified: 02 Mar 2022 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20097

Actions (login required)

View Item
View Item