Analisis Tingkat Kesulitan Soal Ujian Semester Ganjil Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 5 Banda Aceh

Raudhatul Zahra, 160209039 (2021) Analisis Tingkat Kesulitan Soal Ujian Semester Ganjil Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kesulitan Soal]
Preview
Text (Analisis Tingkat Kesulitan Soal)
Raudhatul Zahra, 160209039, FTK, PGMI, 085362008386.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Evaluasi adalah kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrument dan membandingkan hasilnya dengan tolak ukur untuk memperoleh kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tingkat kesukaran, daya pembeda, dan jenjang kognitif Soal Ujian Semester Ganjil Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 5 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V MIN 5 Banda Aceh. Objek penelitian ini adalah Soal Ujian Semester Ganjil Pada Pembelajaran IPA Kelas V MIN 5 Banda Aceh Tahun Ajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh soal ujian, kunci jawaban, dan lembar jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil analisis tingkat kesukaran dari 30 soal terdapat 18 soal tergolong mudah (60%), 9 soal tergolong sedang (30%), dan 3 soal tergolong sukar (10%). (2) Hasil analisis daya pembeda dari 30 soal terdapat 7 soal tergolong jelek (23%), 15 soal tergolong cukup (60%), 3 soal tergolong baik (10%), 2 soal tergolong baik sekali (6%), dan 3 soal tergolong jelek sekali (10%). (3) Hasil analisis jenjang ranah kognitif dari 30 soal terdapat 22 soal (73%) dengan ranah kognitif C1 (LOTS), 5 soal (16%) dengan ranah kognitif C2 (MOTS), dan 3 soal (10%) dengan ranah kognitif C3 (MOTS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raudhatul Zahra Zahra
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:46
Last Modified: 09 Mar 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20105

Actions (login required)

View Item
View Item