Rosmawar, 30183705 (2021) Implikasi Pelaporan Kinerja Guru PAI terhadap Profesionalitas Pembelajaran Pada Sekolah Dasar di Aceh Besar. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.
Rosmawar, 30183705, PS, PAI, 085260448968.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kinerja guru akan menggambarkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tingkat keberhasilan kinerja guru selain menunjukkan penguasaan guru atas kompetensinya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari karakteristik kepribadiannya maupun faktor lingkungannya, seperti disiplin kerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi pelaporan kinerja guru PAI dan tanggapan guru PAI pada Sekolah Dasar di Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Isi pelaporan kinerja guru PAI pada Sekolah Dasar di Aceh Besar meliputi dari perencanaan pembelajaran yang dirancang di awal semester, pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka di dalam kelas, menilai hasil pembelajaran sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam memahami pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik baik itu dilakukan ketika proses belajar mengajar berlangsung, atau melalui remedial dan pengayaan, dan metode pembelajaran yang digunakan untuk memudahkan guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Tanggapan (respon) guru PAI pada Sekolah Dasar di Aceh Besar terhadap isi pelaporannya didasari pada kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru, begitu juga dukungan dari kepala sekolah atas isi laporan kinerjanya, serta sikap menerima apa adanya hasil dari yang telah direalisasi isi pelaporannya di sekolah. Implikasi isi pelaporan kinerja terhadap profesionalisme pembelajaran guru PAI pada SD di Aceh Besar bahwa seorang guru PAI yang profesionalisme harus memiliki penguasaan materi yang akan dijelaskan kepada siswa di dalam kelas, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk memudahkan guru memetakan pembelajaran yang diberikan, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara efektif dengan mengkombisakan dengan lingkungan sekitar, pemanfaatan alat teknologi sebagai daya saing di era digital, dan menggunakan media yang menarik untuk membuat siswa mudah dalam memahami pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Implikasi Pelaporan, Kinerja Guru PAI, Profesionalitas Pembelajaran |
Uncontrolled Keywords: | Pembimbing I : Dr. Syabuddin Gade, M. Ag Pembimbing II : Dr. Nashriyah, MA |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rosmawar Rosmawar |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 03:06 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 03:06 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20130 |