Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu di Dayah Terpadu Bustanul Arifin Bener Meriah

Nora Amalia, 170206023 (2022) Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu di Dayah Terpadu Bustanul Arifin Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu di Dayah Terpadu Bustanul Arifin]
Preview
Text (Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu di Dayah Terpadu Bustanul Arifin)
Nora Amalia, 170206023, FTK, MPI, 082249272677.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pengelolaan dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan di Dayah Terpadu Bustanul Arifin Bener Meriah, Sehingga berpengaruhnya pada peningkatan mutu di Dayah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta kendala dalam pengelolaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu di Dayah Terpadu Bustanul Arifin Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Pimpinan Dayah, wakil bidang sarana dan prasarana, dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu: a. Musyawarah dengan dengan staf dan guru, b. melakukan identifikasi c. Melakukan analisis kebutuhan (2) Pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu: a. Perencanaan sarana dan prasarana di dayah dengan merealisasikan perencanaan yang telah disepakati berdasarkan analisis kebutuhan dan hasil musyawarah; b. Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan cara pembelian, menyewa, hibah, pengajuan proposal, dan membuat sendirisarana dan prasarana yang dibutuhkan; c. Penggunaan sarana dan prasarana digunakan oleh semua warga Dayah, penggunaan juga diawasi secara efektif oleh pihak Dayah dan dengan mengadakan tata tertib penggunaan sarana dan prasarana, serta penugasan personil untuk memegang kendali sarana dan prasarana sesuai keahliannya; d. Pemeliharaan sarana dan prasarana Dayah menjadi tanggung jawab semua warga Dayah, melakukan pengecekan rutin dan membuat buku inventaris sarana dan prasarana. (3) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan sarana dan prasarana: a. dana, b. kurangnya kesadaran warga Dayah dalam penggunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana yang ada secara tertib, c. SDM yang kurang menguasai penggunaan sarana atau media yang tersedia, d. sarana dan prasarana kurang memadai sepenuhnya di tinjau dari penggunaannya yang harus bergantian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nora Amalia Nora
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:55
Last Modified: 09 Mar 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20143

Actions (login required)

View Item
View Item