Tahlil al Akhta' an Nahwiyyah fii al Kitabah ladaa ath thalibaat bii Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar ( Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah)

Fitri Nazira, 170202046 (2022) Tahlil al Akhta' an Nahwiyyah fii al Kitabah ladaa ath thalibaat bii Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar ( Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Tahlil al Akhta' an Nahwiyyah fii al Kitabah ladaa ath thalibaat bii Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar ( Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah)]
Preview
Text (Tahlil al Akhta' an Nahwiyyah fii al Kitabah ladaa ath thalibaat bii Ma'had Darul Ihsan Aceh Besar ( Dirasah Washfiyyah Tahliliyyah))
Fitri Nazira, 170202046, FTK, PBA, 085262858461.docx.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan nahwu dalam tulisan di kalangan siswi pesantren Darul Ihsan dan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan nahwu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Populasi untuk penelitian ini adalah semuasiswi di pesantren Darul Ihsan, dan jumlahnya 128. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII (E) yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan nahwu dalam menulis di kalangan siswi adalah kurangnya objek kata kerja transitif (50%), penggunaan tanwin pada isim la yansharif (21,83%), ketidaksesuaian antara mubtada dan khabar dalam penggunaan bentuk jamak dari kata ganti “Hum” (3,13%), dan antara bentuk jama’ untuk perempuan “Hunna” (3,13%), maf’ul bih ditulis marfu’ (3,13%), penggunaan muzakkar dan muannas dalam merangkai mubtada dan khabar (3,13%), penggunaan fi’il amr pada fi’il madhi (3,13%), kurangnya baris tanwin pada kata yang tidak ada alif lam padahal bukan mudhaf (3,13%), penggunaan fi’il “majhul” pada fi’il “ma’lum” (3,13%), penggunaan dua tanda “ma’rifah” pada satu kata (3,13%), dan tidak ada subjek pada suatu kalimat (3,13%).Adapun penyebab kesalahan nahwu dalam menulis pada siswi, yaitu siswi tidak memperhatikan saat guru menjelaskan pelajaran di kelas, tidak mengulangketika pelajaran selesai, tidak fokus saat guru menjelaskan pelajaran di kelas. siswi tidak belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fitri Nazira Fitri
Date Deposited: 10 Mar 2022 03:20
Last Modified: 10 Mar 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20202

Actions (login required)

View Item
View Item