Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs pada Materi Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Jenis kelamin

Mutia Kasmita, 170205031 (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs pada Materi Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Jenis kelamin. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs pada Materi Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Jenis kelamin]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs pada Materi Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Jenis kelamin)
Mutia Kasmita, 170205031, FTK, PMA, 082250351659.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika.. Akan tetapi, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih sangat rendah. Hal ini dibuktikan oleh hasil PISA tahun 2018 dan hasil Ujian Nasional. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP/MTs pada materi geometri berdasarkan Teori Van Hiele ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 6 siswa kelas VIII SMP IT Insan Madani Meukek berdasarkan jenis kelamin. Subjek ini dipilih secara acak berdasarkan Tes Geometri Van Hiele. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, soal Tes Geometri Van Hiele, soal tes kemampuan pemahaman konsep, pedoman wawancara, dan alat perekam. Analisis data menggunakan triangulasi waktu dengan cara mengumpulkan data dengan waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek AA dan KN yang berada pada level 2 (Deduksi Informal) mampu memunculkan 6 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. (2) Subjek RYP dan NT yang berada pada level 1 (Analisis) mampu memunculkan 5 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. (3) Subjek FFW yang berada pada level level 0 (Visualisasi) belum mampu memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, sedangkan subjek AZA yang berada pada level 0 (Visualisasi) mampu memenuhi 1 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd Pembimbing II : Darwani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Geometri, Teori Van Hiele, Jenis Kelamin
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutia Kasmita
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:13
Last Modified: 11 Mar 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20241

Actions (login required)

View Item
View Item