Hubungan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Dengan Hasil Belajar Di SMP Negeri 1 Takengon

Intan Rauh Riatin, 160204054 (2022) Hubungan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Dengan Hasil Belajar Di SMP Negeri 1 Takengon. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Hubungan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Dengan Hasil Belajar Di SMP Negeri 1 Takengon]
Preview
Text (Hubungan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik Dengan Hasil Belajar Di SMP Negeri 1 Takengon)
Intan Rauh Riatin, 160204054, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik indonesia berdasarkan skor PISA menunjukkan skor rata-rata peserta didik masih jauh dibawah rata-rata internasional. Pada tahun 2018 peserta didik indonesia berada diperingkat 70 dari 78 negara. Abad 21 manusia dituntut memiliki kualitas yang berkemampuan dalam teknologi, berpikir kritis, kreatif dan mampu menyelesaikan masalah. rendahnya hasil belajar salah satu faktor menyebabkan rendahnya kemampuan literasi sains. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Takengon. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasinya yaitu seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Takengon, dan sampel kelas IX sebanyak 35 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal Tes Kemampuan Literasi Sains PISA 2015 dengan hasil raport peserta didik pada semester ganjil. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui uji korelasional dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains sebesar 59 dan hasil belajar 86,37. Berdasarkan analisis statistik, terlihat bahwa adanya hubungan yang signifikan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar. koefisien korelasi r = 0.734, signifikansi t = 6,191. Hal ini menjelaskan bahwa peserta didik mampu menjelaskan konsep sains dengan benar tetapi pemahaman terhadap sains sangat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Intan Rauh Riatin Intan
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:05
Last Modified: 17 Mar 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20299

Actions (login required)

View Item
View Item