Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTsN 1 Nagan Raya

Aiyub Azhari, 170205045 (2021) Pengaruh Pendekatan Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa MTsN 1 Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Metakognitif]
Preview
Text (Pengaruh Pendekatan Metakognitif)
Aiyub Azhari, 170205045, FTK, PMA, 085260576186.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika menurut NCTM adalah siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah, namun kenyataanya hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa ialah dengan pendekatan metakognitif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Nagan Raya, yang terdiri dari 4 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Sampel random sampling. Sampel penelitian ini terpilih kelas VIII.I sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui 2 tes, yaitu pre-test dan post-test. Data nilai pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil pengolahan data tersebut didapatkan nilai t_hitung=9,98. Dengan derajat kebebasan (dk) = 64, taraf signifikan α = 0,05 dan tabel diperoleh t_((0,95)(64))=1,66 artinya t_hitung > t_tabel. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa nilai rata-rata tes akhir siswa kelas eksperimen (VIII.1) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol (VIII.2). Dengan demikian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan metakognitif lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Aiyub Azhari Aiyub
Date Deposited: 17 Mar 2022 03:06
Last Modified: 17 Mar 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20309

Actions (login required)

View Item
View Item