Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Terhadap Pelayanan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pada PT. Bank Aceh Syariah dan PT. Bank Syariah Indonesia

Vera, 190603344 (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Terhadap Pelayanan Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pada PT. Bank Aceh Syariah dan PT. Bank Syariah Indonesia. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Uang Kuliah Tunggal (UKT)]
Preview
Text (Uang Kuliah Tunggal (UKT))
Vera, 190603344, FEBI, PS, 082253630670.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kepuasan nasabah adalah persepsi nasabah bahwa harapannya telah terpenuhi dan merupakan salah satu hal penting bagi perusahaan seperti pada sektor Perbankan Syariah. Kepuasan nasabah dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kualitas pelayanan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry terhadap pelayanan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada PT. Bank Aceh Syariah dan PT. Bank Syariah Indonesia. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dengan populasi berupa mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sementara sampel yang diambil sebanyak 100 mahasiswa dengan masing-masing 50 mahasiswa di BAS dan 50 mahasiswa di BSI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan mahasiswa pada PT. Bank Aceh Syariah lebih unggul dibandingkan PT. Bank Syariah Indonesia. Untuk PT. Bank Aceh Syariah diperoleh nilai tingkat kepuasan sebesar 88.20% dan untuk PT. Syariah Indonesia diperoleh nilai tingkat kepuasan sebesar 86.94%. Sehingga secara keseluruhan selisih perbedaan tingkat kepuasan pelayanan antara BAS dan BSI senilai 1%, maka perbedaan yang dirasakan tidak jauh berbeda, sehingga dapat disimpulkan memiliki tingkat kepuasan yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Vera Vera
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:17
Last Modified: 18 Mar 2022 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item
View Item