Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping

Susiani, 170205046 (2021) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping]
Preview
Text (Pembelajaran STAD berbantuan Mind Mapping)
Susiani, 170205046, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Kondisi pembelajaran yang didominasi oleh guru, dimana guru menjelaskan materi dan siswa hanya mendengar penjelasan tanpa terlibat aktif. Salah satu model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran yang membuat siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas adalah model pembelajaran STAD berbantuan mind mapping. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan diterapkan model pembelajaran STAD berbantuan mind mapping. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen (Non-Equivalent Control Grup Desing). Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode sampling purposive dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA 5 Banda Aceh pengambilan sampel siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik-t dilakukan melalui uji normalitas dan uji homogenitas varian. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan (uji-t) diperoleh bahwa t_hitung=2,41 dan t_tabel=1,48 maka t_hitung>t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa SMA melalui pembelajaran STAD berbantuan mind mapping lebih baik daripada tanpa melalui pembelajaran STAD berbantuan mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Susiani Susiani
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:09
Last Modified: 18 Mar 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20343

Actions (login required)

View Item
View Item