Manajemen Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Mendukung Pembelajaran Jaringan (Daring) Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh

Rusada, 140503163 (2021) Manajemen Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Mendukung Pembelajaran Jaringan (Daring) Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Manajemen Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Mendukung Pembelajaran  Jaringan (Daring) Di Perpustakaan  Universitas Muhammadiyah Aceh]
Preview
Text (Manajemen Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Mendukung Pembelajaran Jaringan (Daring) Di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh)
Rusada, 140503163, FAH, IP, 082363339870.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi di masa pandemic Covid-19 dimana seluruh aktivitas pembelajaran mahasiswa, dosen dan sivitas akademika dilakukan secara jarak jauh yang hanya diberlakukan untuk angkatan tahun 2020/2021. Penelitian ini berjudul “Manajemen Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Mendukung Pembelajaran jaringan (Daring) Universitas Muhammadiyah Aceh”. Permasalahan dalam penelitian ini yang peneliti teliti Bagaimana Manajemen Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta dalam Mendukung Pembelajaran Daring pada Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni Tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan dan Objek adalah Perpustakaan Muhammadiyah Aceh. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Tehnik analisis data melalui tahapan-tahapannya yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh selama masa Pandemi Covid-19 kepada sivitas akademika dilakukan melalui metode jarak jauh secara daring (online) meliputi pelayanan informasi dan koleksi referensi elektronik, pelayanan literasi digital mengenai penelusuran dan pemanfaatan sumber-sumber referensi elektronik dan pemanfaatan repositori Universitas Muhammadiyah Aceh. Di sini peneliti menyimpulkan bahwa 2. Pelayanan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Aceh selama pandemi Covid-19 yang diberikan kepada sivitas akademika juga dilakukan melalui metode tatap muka kedua-dua layanan ini dilaksanakan pada perprpustakaan Unmuha, untuk pelayanan tatap muka (layanan terbuka) tetap menjalakan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang sudah diterapakan. Dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Aceh memanfaatkan perpustakaan melalui layanan perpustakaan itu sendiri. Proses pembelajarann daring dapat berjalan secara efektif apabila faktor penghambat seperti server yang sering bermasalah, jaringan Internet yang tidak stabil serta quota yang dimiliki mahasiswa cukup terbatas untuk menunjang proses pembelajaran secara daring bisa dilakukan tindakan preventif seperti memberi respon cepat dari pihak kampus untuk memberikan informasi atau pemecalahan masalah jika hal tersebut terjadi pada saat peroses perkuliahaan secara daring berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen layanan perpustakaan, pembelajaran daring
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.5 Jasa bagi Pemakai
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rusada Rusada
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:20
Last Modified: 21 Mar 2022 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item
View Item