Integrasi Nilai-nilai Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran Tematik Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIS Simpang Kanan Aceh Singkil

Asma Yunita, 170209073 (2021) Integrasi Nilai-nilai Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran Tematik Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIS Simpang Kanan Aceh Singkil. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Integrasi Nilai-nilai Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran  		  Tematik Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIS Simpang Kanan Aceh Singkil]
Preview
Text (Integrasi Nilai-nilai Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran Tematik Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIS Simpang Kanan Aceh Singkil)
Asma Yunita, 170209073, FTK, PGMI, 082168420388.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Integrasi nilai spiritual dalam pembelajaran/pendidikan merupakan proses bimbingan melalui suri tauladan guru yang berorientasi pada penanaman nilai-nilai kehidupan yang di dalamnya mengenai nilai-nilai agama, budaya, etika dan estetika menuju pembentukan peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual-keagamaan, pengendalian diri, kepribadian yang utuh, berakhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, termasuk masyarakat dan negara. Pembelajaran tematik integratif merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran ke dalam suatu tema. Pembelajaran tematik integratif ini memberikan pengalaman langsung terhadap peserta didik dan menuntut peserta didik untuk lebih aktif sehingga dapat memberikan pembelajaran menyeluruh dan tidak dipisah-pisah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi guru dalam mengintegrasi nilai-nilai sikap spiritual dalam pembelajaran (2) Bentuk integrasi nilai-nilai sikap spritual dalam pembelajaran (3) Kendala guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai sikap spritual dalam pembelajaran tematik tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MIS Simpang kanan Aceh Singkil. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya anak kelas IV MIS Simpang Kanan Aceh Singkil. Pengumpulan data dengan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Dari hasil penelitian di MIS Simpang Kanan Aceh Singkil menunjukkan bahwa (1) Strategi guru dalam mengintegrasi nilai-nilai sikap spiritual dalam pembelajaran tematik tema 3 peduli terhadap makhluk yaitu dengan melakukan Persiapan, penyampaian,dan praktik. (2) Bentuk integrasi nilai-nilai sikap spritual dalam pembelajaran yaitu mengucapkan salam dan menundukkan kepala kepada guru ketika guru memasuki ruang kelas, Berdoa Sebelum Memulai Pembelajaran, bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. (3) Kendala yang dihadapi guru yaitu Waktu Belajar Di Sekolah Terbatas, Kondisi Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Masyarakat Sekitar, masih adanya pergaulan negatif yang dilakukan remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Ida Meutiawati, M.Pd. Pembimbing II : Sri Mutia, S.Pd. I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Nilai-nilai Sikap Spiritual, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asma Yunita
Date Deposited: 21 Mar 2022 03:09
Last Modified: 21 Mar 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item
View Item