Implementasi Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tunagrahita Pada Teks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SLB Kebayakan Negeri Aceh Tengah

Putri Yana, 170201145 (2021) Implementasi Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tunagrahita Pada Teks Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SLB Kebayakan Negeri Aceh Tengah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode      Read      Aloud      Untuk Meningkatkan  Pemahaman  Anak  Tunagrahita]
Preview
Text (Metode Read Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tunagrahita)
Putri Yana, 170201145, FTK, PAI, 082272539534.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PAI materi Fiqih di kelas IV SLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah menjadi mata pelajaran yang kurang diminati oleh peserta didik. Hasil ulangan harian rata-rata nilainya dibawah standar ketuntasan dimana dari 4 orang anak yang mendapat nilai di atas KKM 70 hanya 1 orang. Oleh karna itu guru Pendidikan Agama Islam harus berupaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan keaktifan siswa pada materi Thaharah di SLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah. Penelitian ini menerapkan metode read aloud dalam materi Thaharah pada anak tunagrahita. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tunagrahita melalui metode Read Aloud di SLB Kebayakan, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak tunagrahita di SLB Kebayakan melalui metode read aloud pada kelas IV di SLB Negeri Kebayakan Aceh Tengah. Jumlah subjek dalam penelitian ini ada berjumlah 4 orang, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data observasi aktivitas guru dan siswa dalam menganalisis pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa yang telah diamati selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kualifikasi penerapan metode read aloud aktivitas guru pada siklus I di kategorikan “baik” dengan nilai 84,61 dan pada siklus II meningkat menjadi lebih baik dengan nilai rata-rata 96,15. Adapun kualifikasi aktivitas siswa pada siklus I masih cukup atau belum maksimal, karena baru mencapai 73. Sedangkan pada siklus II, aktivitas siswa sudah ada peningkatan menjadi baik dengan nilai rata-rata 84,37. (2) pengaruh penerapan metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan keaktifan siswa dalam belajar materi Thaharah. Hal ini dibuktikan bahwa ada peningkatan pada ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I nilai rata-rata 73,75 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,92.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Yana Putri
Date Deposited: 22 Mar 2022 03:33
Last Modified: 22 Mar 2022 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item
View Item