Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VIII SMP/MTS

Fajar, 140205134 (2022) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VIII SMP/MTS]
Preview
Text (Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas VIII SMP/MTS)
Fajar, 140205061, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki dan mengupas macam macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi teorema pythagoras yang dilakukan berdasarkan Prosedur Polya yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesalahan- kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Polya, (2) Penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Prosedur Polya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 28 siswa. Subjek untuk wawancara diambil 3 dari 28 siswa kelas VIII-1, dengan kriteria siswa yang melakukan banyak kesalahan. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal teorema pythagoras. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas SMP Negeri 1 Ingin Jaya Aceh Besar. Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi teorema pythagoras yaitu: kesalahan memahami masalah, Kesalahan membuat rencana pemecahan masalah, Kesalahan Melaksanakan rencana, dan Kesalahan memeriksa kembali jawaban. Kesalahan memahami masalah disebabkan siswa lupa dan menganggap tidak perlu untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. Kesalahan membuat rencana pemecahan masalah disebabkan siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, siswa tidak memiliki kesempatan karena waktu yang hampir habis, serta siswa mengabaikannya karena merasa tidak perlu. Kesalahan Melaksanakan rencana disebabkan siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan pada soal. Kesalahan yang terakhir yaitu Kesalahan memeriksa kembali jawaban disebabkan karena siswa tidak membuat kesimpulan, tidak menemukan hasil akhir dari penyelesaian serta mengabaikannya karena merasa tidak perlu dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal berikutnya sehingga siswa tidak menuliskan kesimpulan akhir dari soal yang telah dia kerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Fajar Ash-Shiddiq
Date Deposited: 23 Mar 2022 02:46
Last Modified: 23 Mar 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20406

Actions (login required)

View Item
View Item