Identifikasi Resiliensi Matematis Siswa MTs Melalui Discovery Learning

Suci Fitria Citra, 170205036 (2021) Identifikasi Resiliensi Matematis Siswa MTs Melalui Discovery Learning. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Identifikasi Resiliensi Matematis Siswa MTs Melalui Discovery Learning]
Preview
Text (Identifikasi Resiliensi Matematis Siswa MTs Melalui Discovery Learning)
Suci Fitria Citra, 170205036, FTK, PMA, 085262322212.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Resiliensi matematis yang dimiliki siswa MTs masih tergolong rendah. Hal ini sesuai dengan kenyataan di lapangan yaitu sebagian besar siswa masih merasa cemas dalam belajar matematika. Mereka memiliki kesulitan yang berbeda dalam belajar matematika, tergantung materi yang dipelajari. Berdasarkan kenyataan tersebut, muncul pertanyaan penelitian yang diajukan peneliti yaitu bagaimana identifikasi resiliensi matematis siswa MTs melalui discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identifikasi resiliensi matematis siswa MTs melalui discovery learning. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VIII-9 MTsN 1 Banda Aceh yang dipilih berdasarkan pengelompokan hasil angket resiliensi matematis dan pertimbangan guru matematika di kelas tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti, RPP, LKPD, observasi, angket resiliensi matematis, wawancara dan alat perekam dengan analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek PA beresiliensi matematis rendah, subjek SZ sedang, dan subjek SR tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka identifikasi resiliensi matematis siswa MTs melalui discovery learning berada pada kategori sedang sesuai dengan pengelompokan hasil angket resiliensi matematis. Discovery learning dapat meningkatkan resiliensi matematis. Siswa yang beresiliensi matematis tinggi berpeluang besar mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahan matematika khususnya materi SPLDV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Burhanuddin, AG, M.Pd. Pembimbing II : Darwani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Resiliensi Matematis, Discovery Learning
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Suci Fitria Citra
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:28
Last Modified: 23 Mar 2022 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item
View Item