Pemanfaatan Ispring Suite 9 Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Gunung Meriah

Arika Dhien Sartika, 170211009 (2022) Pemanfaatan Ispring Suite 9 Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Gunung Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pemanfaatan Ispring Suite 9 Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Gunung Meriah]
Preview
Text (Pemanfaatan Ispring Suite 9 Dalam Pembelajaran Fisika Di SMAN 1 Gunung Meriah)
Arika Dhien Sartika, 170211009, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan iSpring Suite didasarkan pada keterbatasan guru dalam merancang dan menyusun media pembelajaran, maka dalam situasi ini guru harus beradaptasi dengan pemanfaatan teknologi digital dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan evaluasi pembelajaran Fisika menggunakan software iSpring Suite dengan menjadikan laptop sebagai server (local hosting) dan hasil nilai peserta didik akan terlihat tanpa guru memeriksa hasil evaluasi secara manual, selain itu melalui iSpring Suite juga dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran berupa ebook yang menarik dengan fitur yang telah tersedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas, yaitu dua kelas eksperimen yaitu XI IPA 2, XI IPA 3 dan satu kelas kontrol yaitu XI IPA 4. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, soal tes dan angket respon peserta didik. Analisa data dilakukan untuk melihat perbedaan nilai rata-rata peserta didik pada saat pre-test dan post-test dengan menggunakan uji hipotesis. Pada hasil hipotesis di kelas XI IPA 2 menunjukkan bahwa H1 ditolak karena nilai signifikan lebih besar daripada 0,05. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa pada kelas eksperimen XI IPA 2 tidak mempengaruhi hasil belajar. Namun pada kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 menunjukkan bahwa H1 diterima karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen XI IPA 3 dan kelas kontrol XI IPA 4 dapat mempengaruhi hasil belajar. Untuk respon peserta didik terhadap ebook dan evaluasi berbantuan iSpring Suite sebesar 76,9% pada kelas XI IPA 2 dan sebesar 79,3% pada kelas XI IPA 3

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Arika Dhien Sartika
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:22
Last Modified: 24 Mar 2022 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20449

Actions (login required)

View Item
View Item