Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Selama Pandemi Covid-19 di Komplek BHI Meunasah Krueng Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar

Cut Silviyani, 170201103 (2021) Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Anak Selama Pandemi Covid-19 di Komplek BHI Meunasah Krueng Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring]
Preview
Text (Pembelajaran Daring)
Cut Silviyani, 170201103, PAI, FTK, 082273443889.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pasca mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia pemerintah mengambil kebijakan dengan diterapkannya pembelajaran daring sebagai wujud meminimalisir penyebaran Covid-19 sehingga ditemukan hambatan dalam menyesuaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring serta untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh orang tua dalam pembelajaran daring tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan mengambil 16 responden orang tua yang ada di Komplek BHI Meunasah Krueng Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua selama pembelajaran daring anak di rumah di antaranya: a) peran orang tua mendampingi dan mengawasi pembelajaran daring anak, b) peran orang tua memenuhi fasilitas belajar anak, c) peran orang tua menjalin komunikasi dengan anak, c) peran orang tua mendorong atau memberikan motivasi kepada anak, d) peran orang tua mengarahkan pembelajaran daring anak. Hambatan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring anak di rumah selama pandemi covid-19 di antaranya: a) latar belakang pendidikan orang tua yang terbatas dalam memahami materi pembelajaran anak, b) kesulitan membagi waktu belajar anak dengan pekerjaan, c) suasana hati dan mood anak yang sering berubah, d) anggota keluarga yang terlalu banyak membuat orang tua kesulitan membuat suasana yang nyaman untuk anak belajar, dan e) ekonomi orang tua yang terbatas dalam memenuhi fasilitas belajar daring anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Silviyani Cut
Date Deposited: 25 Mar 2022 02:21
Last Modified: 25 Mar 2022 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item
View Item