Hubungan Gaya Pengasuhan Demokratis dengan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa UIN Ar-raniry yang Berdomisili di Banda Aceh

Siti Rasuna, 170901125 (2021) Hubungan Gaya Pengasuhan Demokratis dengan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa UIN Ar-raniry yang Berdomisili di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengasuhan Demokratis dengan Kecerdasan Interpersonal]
Preview
Text (Pengasuhan Demokratis dengan Kecerdasan Interpersonal)
Siti Rasuna, 170901125, FPSI, PSI, 08535854262.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan individu memahami, mengamati kondisi serta situasi orang lain dan lingkungan sekitarnya. Hal ini dikemukakan oleh Anderson (dalam Safaria, 2005). Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan interpersonal adalah gaya pengasuhan demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan gaya pengasuhan demokratis dengan kecerdasan interpersonal mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berdomisili di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Alat ukur penelitian ini yaitu skala pengasuhan demokratis dan skala kecerdasan interpersonal yang mengacu pada aspek teori. Jumlah populasi adalah 2.702 mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berdomisili di Banda Aceh dengan jumlah sampel 246 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,573 dengan p = 0,00 yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya pengasuhan demokratis dengan kecerdasan interpersonal mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berdomisili di Banda Aceh. Artinya semakin tinggi gaya pengasuhan demokratis maka semakin tinggi kecerdasan interpersonal, begitu juga sebaliknya semakin rendah gaya pengasuhan demokratis maka semakin rendah kecerdasan interpersonal pada mahasiswa UIN Ar-Raniry yang berdomisili di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Siti Rasuna Rasuna
Date Deposited: 25 Mar 2022 03:13
Last Modified: 25 Mar 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item
View Item