Iskandar, 251316653 (2021) Pembinaan Sikap Mental Siswa Melalui PAI Pada SMAN di Kabupaten Bireuen. Doctoral thesis, UPT. Perpustakaan.
Iskandar, 251316623, PS, PAI, 081360802001.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Disertasi ini berjudul: “Pembinaan Sikap Mental Siswa Melalui PAI pada SMAN di kabupaten Bireuen”. Guru merupakan sosok yang diharapkan mampu memberikan pencerahan dan pembinaan dalam berprilaku siswa. Guru sangat berperan aktif dalam mengembangkan potensi pembinaan akhlak siswa, sehingga siswa dapat membedakan mana yang baik dan buruk menurut akal dan norma yang ada pada lingkungan dimana siswa berada. Pembinaan akhlak harus dimulai dari tingkatan sekolah, agar siswa mempunyai pondasi yang kuat dalam berprilaku sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Guru Pendidikan Agama Islam mendorong siswa dalam belajar memahami nilai ajaran agama Islam sudah dilakukan dengan benar. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa di ajarkan pola berfikir dengan kecerdasan mengelola emosional, spritual, sabar, tekun dalam belajar, ketulusan, keikhlasan, toleransi dan totalitas. Pembinaan aqidah Islam, dilaksanakannya pengajian al-Qur’an dan tausiah, shalat dhuha, shalat dhuhur secara berjamaah bagi siswa. Pembinaan Akhlaqulkarimah, guru memberikan penyadaran dan pembiasaan meliputi; sikap berprilaku yang baik, sopan santun dalam tutur kata, senantiasa menutup aurat ketika sedang berada diluar sekolah.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed 2. Prof. Dr. WarulWalidin Ak, MA |
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Pembinaan sikap, Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Iskandar Iskandar |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 02:27 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 02:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20519 |