Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III MIN 20 Aceh Besar

Dinda Mastura, 170209032 (2021) Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa]
Preview
Text (Pengaruh Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa)
Dinda Mastura, 170209032, FTK, PGMI, 082327938614.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan orang tua berpengaruh besar terhadap prestasi anak. Namun di MIN 20 Aceh Besar ditemukan anak-anak yang berprestasi, yang orang tuanya berpendidikan rendah. Dalam keadaan yang seperti ini membuat peneliti tertarik melakukan penelitian ini, karena sekolah tersebut mempunyai tingkat pendidikan orang tua yang berbeda–beda. Apakah hal tersebut juga terjadi pada kelas III di MIN 20 Aceh Besar, hal tersebut sangat menarik untuk diteliti. Atas dasar latar belakang masalah, maka rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III di MIN 20 Aceh Besar?. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi Belajar Siswa kelas III MIN 20 Aceh Besar. Populasi penelitian sebanyak 164 siswa, karena populasi siswa besar/lebih dari 100, maka diambil sampel 20% dari jumlah populasi, jadi jumlah sampel siswa yaitu 24 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan positif antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar siswa di Kelas III MIN 20 Aceh Besar yang ditunjukkan oleh hasil korelasi Product Moment dimana t hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yakni 0,404>0,069<0,515, sehingga Ha ditolak. Ini berarti tingkat pendidikan orang tua tidak menentukan prestasi belajar anak. Jadi, semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua tidak ada kaitannya dengan prestasi belajar siswa dan sebaliknya semakin rendah tingkat pendidikan orang tua maka tidak akan rendah pula prestasi belajar siswa, namun tidak menutup kemungkinan bahwa siswa yang tingkat pendidikan orang tuanya rendah pun akan berprestasi pula. Tergantung dari motivasi siswa itu sendiri dan bagaimana peran orang tua atau pola asuh orang tua dalam mendidik dan membimbing belajar anaknya dirumah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut orang tua hendaknya senantiasa mengarahkan dan membimbing anak- anak memotivasi agar supaya sadar akan perlunya belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinda Mastura Dinda
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:04
Last Modified: 04 Apr 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item
View Item