Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Electronic Absensi (E-absensi) Untuk Siswa/Siswi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan Berbasis Web.

Maria Ulfah, 170212019 (2021) Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Electronic Absensi (E-absensi) Untuk Siswa/Siswi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Meukek Kabupaten Aceh Selatan Berbasis Web. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Electronic Absensi (E-absensi)]
Preview
Text (Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi Electronic Absensi (E-absensi))
Maria Ulfah, 170212019, FTK, PTI, 085359096990.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sebagai bentuk keberhasilan terhadap sistem pembelajaran dalam dunia pendidikan bisa lebih ditingkatkan lagi dengan adanya suatu teknologi sistem informasi yang efektif. Adapun untuk bentuk kegiatan sistem informasi yang ada didunia pendidikan salah satunya kegiatan absensi di sekolah, yang merupakan suatu bukti terhadap kehadiran. Namun ada beberapa sekolah yang masih menggunakan absensi atau daftar kehadiran siswa yang masih manual. Salah satunya di SMAN 1 Meukek masih menggunakan absensi secara manual. Tujuan dari perancangan e-absensi berbasis web ini agar menjadi mudah dalam proses pengabsenan berlangsung, sehingga sesuai dengan kebutuhan di SMAN 1 Meukek. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall. Metode pengujian sistem menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi penilaian akhir yang dilakukan terhadap sistem E-absensi dari responden mendapatkan skor 80,2 yang memiliki Grade Scale B dengan Adjective Ratings termasuk dalam kategori Good. Sehingga sistem E-absensi berbasis web ini dapat digunakan dengan mudah oleh guru dalam hal pengabsenan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Maria Ulfah Ulfah
Date Deposited: 05 Apr 2022 02:42
Last Modified: 05 Apr 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item
View Item