Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN 14 Aceh Barat Daya

Ferdian Alni Murthada, 150209029 (2021) Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa MIN 14 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Daring]
Preview
Text (Pembelajaran Daring)
Ferdian Alni Murthada, 150209029, FTK, PGMI, 083181916116.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan secara online dengan menggunakan jaringan internet. Dimasa pandemi covid-19 yang pernah melanda dunia termasuk Indonesia, yang mana hal ini juga berdampak pada sistem pendidikan yang ada di indonesia. Hampir semua sekolah di indonesia menerapkan pembelajaran daring. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19 tersebut dan agar angka penyebarannya tidak bertambah naik. Namun pembelajaran daring ini juga sangat berdampak terhadap siswa terutama dalam hal prestasi belajar siswa. Karena untuk anak tingkat SD/MI masih sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dari guru di sekolah.
Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah Bagaimana bentuk dan pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 yang diterapkan di MIN 14 Aceh Barat Daya? Bagaimana Prestasi Belajar siswa setelah pembelajaran daring selama covid-19 diterapkan di MIN 14 Aceh Barat Daya?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 14 Aceh Barat Daya sudah sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh kemendikbud, yang mana belajar harus dari rumah masing-masing melalui handphone atau perangkat lainnya yang bisa membantu, dan di madrasah ini seluruh guru membuat sebuah grup di aplikasi whatsapp dan mengumpulkan semua siswa kedalam grup tersebut. Semua proses belajar mengajar dilakukan di dalam whatsapp grup. Selain itu ada beberapa aplikasi pendukung pembelajaran daring lainnya yang digunkan oleh guru di madrasah ini, antara lain seperti aplikasi ruangguru, classroom, dan youtube.
Bentuk dan pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 14 Aceh Barat Daya sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan prestasi belajar siswa pun dinilai stabil dari sebelum pembelajaran daring diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ferdian Alni Murthada Ferdi
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:48
Last Modified: 06 Apr 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20553

Actions (login required)

View Item
View Item