Sistem Tukar Tambah Pada Transaksi Jual Beli Mobil Second Dalam Perspektif Akad Bai’ Muqabadhah (Suatu Penelitian Pada Showroom di Banda Aceh)

Asma Nadia Putri, 170102077 (2021) Sistem Tukar Tambah Pada Transaksi Jual Beli Mobil Second Dalam Perspektif Akad Bai’ Muqabadhah (Suatu Penelitian Pada Showroom di Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perspektif Akad Bai’ Muqabadhah]
Preview
Text (Perspektif Akad Bai’ Muqabadhah)
Asma Nadia Putri, 170102077, FSH, HES, 082274069740.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dalam transaksi tukar tambah adanya persyaratan penambahan uang dalam penukaran kendaraan mobil second. Ketentuan persyaratan tersebut dilakukan agar nilai mobil yang ditukarkan seimbang nilainya. Namun dalam kenyataan walaupun transaksi ini dapat mempermudahkan pembeli untuk mendapatkan mobil second sesuai dengan keinginan dan disepakati bersama, jika dilihat dari segi nominal harga yang ditukar terdapat salah satu pihak yang dirugikan. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan yaitu bagaimanakah sistem tukar tambah dalam transaksi jual beli mobil second pada showroom di Banda Aceh, konsep akad bai’ muqabadhah dan manfaatnya dalam praktik jual beli serta tinjauan akad bai’ muqabadhah terhadap sistem tukar tambah dalam transaksi jual beli mobil second pada showroom di Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara terstruktur dengan melibatkan responden dari pihak showroom dan pembeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem tukar tambah mobil second pada pada showroom di Banda Aceh dilaksanakan berdasarkan ketentuan dan kesepakatan standarisasi harga antara para pihak dengan melalui proses negosiasi tanpa adanya unsur keterpaksaan. Penetapan harga dalam tukar tambah mobil second berdasarkan kondisi mobil, jarak tempuh, tahun pembuatan, kelengkapan surat dan harga kisaran yang berlaku di pasar otomotif. Pihak showroom juga merealisasikan transaksi ini dengan penyerahan kwintasi sebagai bukti proses pembayaran dan memberikan garansi. Sistem transaksi tukar tambah mobil second pada showroom di Banda Aceh sudah sesuai dengan konsep akad bai’ muqabadhah dalam hukum Islam, karena dalam transaksi tersebut pembeli dapat memenuhi haknya untuk mendapatkan harga yang diiginkannya melalui proses negosiasi dengan pihak showroom. Sehingga seluruh rukun dan syarat sah akad bai’ muqabadhah dapat diwujudkan dan akad tersebut sah dan tidak ada fasid disebabkan ketidakrelaan pihak pembeli untuk penambahan harga yang ditentukan oleh pihak showroom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Asma Nadia Putri Nadia
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:24
Last Modified: 07 Apr 2022 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20556

Actions (login required)

View Item
View Item