Asosiasi Tumbuhan Liana dengan Tumbuhan Inang di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam

Nurma Yuliza, 170703073 (2022) Asosiasi Tumbuhan Liana dengan Tumbuhan Inang di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam. Skripsi thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Asosiasi Tumbuhan Liana dengan Tumbuhan Inang di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam]
Preview
Text (Asosiasi Tumbuhan Liana dengan Tumbuhan Inang di Stasiun Penelitian Soraya Kawasan Ekosistem Leuser, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam)
Nurma Yuliza, 170703073, FST, BIO, 082214347870.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tumbuhan liana adalah tumbuhan yang hidupnya memanjat atau menumpang pada tumbuhan lain tetapi tidak menghisap makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya (tumbuhan inang). Sedikitnya informasi tentang asosiasi tumbuhan liana sehingga Penelitian dilakukan di Kawasan Stasiun Penelitian Soraya Kebupaten Subulussalam pada April 2021. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis tumbuhan liana, dan mengetahui faktor dan interaksi tumbuhan liana dengan tumbuhan inang, untuk mengetahui asosiasi tumbuhan liana dengan tumbuhan inang. Rancangan penelitian menggunakan metode jelajah dengan 10 jalur dengan luas 260 km2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 19 jenis tumbuhan liana dan 21 jenis tumbuhan inang di Stasiun Penelitian Soraya. Hubungan asosiasi antara tumbuhan liana dengan tumbuhan inang terdapat asosiasi interspesies dengan tumbuhan inang pada nilai chi quare keseluruhan didapatkan ada, dengan tipe positif dengan nilai harapan 20,4 yaitu Bauhinia anguina Roxb dengan inang shorea multiflora. Indeks asosiasi tumbuhan liana dengan tumbuhan inang didapatkan katagori tinggi 15% yaitu jenis Bauhinia anguina Roxb , rendah 15% dan sangat rendah 68% yaitu jenis paling rendah Passiflora edulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muslich Hidayat, M.Si., Syafrina Sari Lubis, M.Si
Uncontrolled Keywords: Asosiasi, Liana, Inang, Soraya, Leuser, Shorea multiflora, Iterspesies
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Nurma Yuliza
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:55
Last Modified: 08 Apr 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20572

Actions (login required)

View Item
View Item