Analisis Kewenangan Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Tingkat Kesehatan Bank Aceh Syari’ah (Ditinjau Menurut Perspektif Hukum Islam)

Fithra Ziaurrahman Arif, 29173487 (2021) Analisis Kewenangan Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Tingkat Kesehatan Bank Aceh Syari’ah (Ditinjau Menurut Perspektif Hukum Islam). Masters thesis, UPT. Perpustakaan.

[thumbnail of Analisis Kewenangan  Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Tingkat Kesehatan  Bank   Aceh   Syari’ah   (Ditinjau   Menurut  Perspektif  Hukum  Islam)]
Preview
Text (Analisis Kewenangan Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Tingkat Kesehatan Bank Aceh Syari’ah (Ditinjau Menurut Perspektif Hukum Islam))
Fithra Ziaurrahman Arif, 29173487, PS, ES, 085260167998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kewenangan OJK terhadap pengawasan Bank Aceh Syari’ah berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan dan penilaian OJK terhadap Bank Aceh Syari’ah berdasarkan POJK No. 8/POJK.03/2014 tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Permasalahan dalam rumusan masalah yaitu bagaimana pengawasan OJK ditinjau menurut perspektif ukum Islam dan bagaimana pengawasan OJK Provinsi Aceh terhadap tingkat kesehatan Bank Aceh Syari’ah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data dengan deskriptif analisis dengan menganalisis berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Pengawasan yang dilakukan oleh OJK Provinsi Aceh terhadap penilaian tingkat kesehatan bank umum syariah dan unit usaha syariah berdasarkan indikator pengawasan OJK berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10 /Seojk.03/2014 Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah Dan Unit Usaha Syariah. OJK dibentuk dengan prinsip Al-muraqaabah (pengawasan) dalam hukum islam disebut lembaga Al-hisbah sebagai pengontrol pasar yang memiliki peran fungsi pengawasan yang dilandasi oleh iman dan adanya sanksi, akan terpelihara ekonomi yang jujur, adil dan berujung pada perolehan keuntungan yang berkah telah sejalan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA Dr. Muhammad Adnan, SE, M.SI
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, OJK, Bank Aceh Syari’ah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fithra Ziaurrahman Arif Fithra
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:42
Last Modified: 14 Apr 2022 06:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20635

Actions (login required)

View Item
View Item