Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 25 Aceh Besar

Asrina Kausar, 170209057 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di MIN 25 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Student Team Achievement Division]
Preview
Text (Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division)
Asrina Kausar, 170209057, FTK, PGMI, 085275592183.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan pada peserta didik dikelas IV MIN 25 Aceh Besar, peneliti menemukan ketidakseriusan dalam belajar, peserta didik kurang aktif bahkan mereka sibuk dengan aktivitas masing-masing hanya sebagian kecil peserta didik yang memperhatikan pembelajaran. Pembelajaran juga masih guru yang berperan aktif, guru belum memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik pada sesuatu yang berkenaan dengan materi pembelajaran. Sehingga berdampak pada hasil yang dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM). Yang merupakan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dikelas IV MIN 25 Aceh Besar 2. Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisiondikelas IV MIN 25 Aceh Besar 3. Bagaimana peningkatan minat dan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa MIN 25 Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK, adapun cara mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan angket minat belajar, data tersebut akan dihitung menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru di siklus I yaitu 72,91% dan pada siklus II yaitu 81,25% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 92,70%. Sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 72,72% dan pada siklus II yaitu 80,68% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 98,45%. Sedangkat pada minat belajar siswa skor rata-rata 3,14. Adapun pada hasil belajar siswa di siklus I yaitu 18,18% dan pada siklus II yaitu 30,30% dan meningkat lagi pada siklus III yaitu 84,84%. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asrina Kausar Asrina
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:31
Last Modified: 18 Apr 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20715

Actions (login required)

View Item
View Item