Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Prodi Pendidikan Fisika

Supratman, 170204045 (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Prodi Pendidikan Fisika. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Prodi Pendidikan Fisika]
Preview
Text (Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Google Classroom Pada Prodi Pendidikan Fisika)
Supratman, 170204045, FTK, PFS, 085370399269.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring yang dilakukan di tengah pandemi covid-19 menimbulkan masalah tersendiri yang dirasakan baik dosen maupun mahasiwa. Masalah tersebut meliputi perubahan jadwal secara tidak terstruktur, menurunnya konsentrasi dan kurangnya motivasi belajar mahasiswa, serta adanya aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Tujuan peneltian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring melalui google classroom. Metode dalam penelitian ini meliputi rancangan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh mahasiswa pendidikan fisika yang berjumlah 230 mahasiswa, dimana 60 mahasiswa menjadi sampelnya yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan meliputi dokumentasi dan kuesioner dengan teknik analisis deskriptif dari keempat indikator yaitu kualitas pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, insentif, waktu. Hasil penelitian efektivitas terhadap keempat aspek yang telah diukur menunjukkan bahwa persentase kualitas pembelajaran sebesar 87,45% dengan kriteria sangat efektif; kesiapan belajar sebesar 61.7% dengan kriteria efektif; motivasi sebesar 71,34% dengan kriteria efektif; waktu sebesar 69.11% dengan kriteria efektif. Secara keseluruhan diperoleh bahwa efektivitas pembelajaran daring selama pandemi melalui aplikasi google classroom pada prodi pendidikan fisika, berdasarkan 4 aspek yang diukur menunjukan nilai persentase rata-rata sebesar 72,4% dengan kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Google Classroom, Daring, Covid-19
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Supratman Supratman
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:29
Last Modified: 20 Apr 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20765

Actions (login required)

View Item
View Item