Ishlahati, 170202038 (2022) Analisis Kesalahan Morfologi Dalam Menulis Karangan Insya’ di Madrasah Tsanawiyah Swasta Pesantren Modern Al Manar Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.
![[thumbnail of Menulis Karangan Insya’]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ishlahati, 170202038, FTK, PBA, 082271316867.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Dari hasil observasi penelitian bahwa tidak semua siswi bisa menulis
karangan Insya’ dalam Bahasa Arab dengan sempurna. Itu semua termasuk dalam masalah terhadap kesalahan Morfologi dalam penulisan, yaitu kesalahan bentuk kata dalam menulis karangan Bahasa Arab. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan eksternal lainnya yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menulis karangan Insya’ serta mengatasi permasalahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesalahan Morfologi dalam karangan Bahasa Arab dan apa saja permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah ujian dan wawancara sampel yang berjumlah 38 siswa. Dari hasil penelitian bahwa kesalahan Morfologi pada siswa telah mencapai 19 siswa dengan jumlah 64%, dan sedangkan kesalahan Imlaiyyah pada penulisan karangan siswa mencapai 15 siswa dengan jumlah 34%. Hasil analisis wawancara bahwa faktor asal sekolah, faktor kecerdasan, faktor bakat, faktor lingkungan, keluarga, dan masyarakat menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan siswa dalam menulis karangan Insya’ dengan benar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) 200 Religion (Agama) > 297 Islam 400 Languages (Bahasa) 800 Literature (Sastra) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ishlahati Ishla |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:18 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20836 |