Perbandingan Antara Metode Drill and Practice dan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 20 Aceh Besar)

Annisa Rahmah, 170202041 (2022) Perbandingan Antara Metode Drill and Practice dan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 20 Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Antara Metode Drill and Practice dan Metode Total Physical Response] Text (Perbandingan Antara Metode Drill and Practice dan Metode Total Physical Response)
Annisa Rahmah, 170202041, FTK, PBA, 082238847604.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Perbandingan Antara Metode Drill and Practice dan Metode Total Physical Response Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Penguasaan Kosakata (Study Eksperimen di MIN 20 Aceh Besar)”. Peneliti memilih judul ini karena peneliti menemukan bahwa siswa merasa Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit. Hal ini disebabkan oleh penggunaan metode oleh guru yang tidak bervariasi dengan hanya mencatat dan menghafalkan kosakata sehingga membuat siswa bosan dan akhirnya kesulitan mengikuti pelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan kedua metode ini dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Peneliti mengambil sampel dari kelas 5.1 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas 5.2 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen soal yang terdiri dari soal pre-test dan post-test dengan teknik analisis data statistik deskriptif, uji paired sample T-test dan uji independent sample T-Test dengan menggunakan program SPSS v.25. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan bahwa metode Drill and Practice dan metode Total Physical Response berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata. Yang mana hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Adapun hasil penelitian menggunakan uji independent sample T-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan metode Drill and Practice dan metode Total Physical Response dalam pembelajaran kosakata. Dengan demikian, hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
400 Languages (Bahasa)
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Annisa Rahmah Nisa
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:24
Last Modified: 06 Jun 2022 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20837

Actions (login required)

View Item
View Item