Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ Di TPQ Syiah Kuala Lamdingin Kec. Kuta alam

Rizki Lukmariadi, 160201139 (2021) Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ Di TPQ Syiah Kuala Lamdingin Kec. Kuta alam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ Di TPQ Syiah Kuala Lamdingin Kec. Kuta alam] Text (Efektivitas Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Iqro’ Di TPQ Syiah Kuala Lamdingin Kec. Kuta alam)
Rizki Lukmariadi, 160201139, FTK, PAI, 081269917120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dalam pendidikan islam membaca al-Qur’an merupakan suatu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Untuk bisa membaca al-Qur’an dengan benar seseorang tentu akan sulit untuk bisa membaca al-Qur’an tanpa menggunakan metode. Metode yang digunakan adalah metode iqro’. Metode iqro’ biasanya diajarkan oleh seorang pendidik disebut ustadz dan ustazah. Akan tetapi dalam implementasi metode iqro’ seringkali terdapat kesenjangan didalamnya seperti ketidaksesuaian antara Metode dengan penerapan ustadz dan ustazahnya, sehingga berdampak pada peserta didik yang tidak mampu untuk menyerap pelajaran yang diberikan oleh ustadz maupun ustazah di TPQ Syiah Kuala Lamdingin. Sehingga dengan adanya problematika tersebut dilakukan penelitian untuk mengetahui penerapan ustadz dan ustazahnya dalam menerapkan metode iqro’ di TPQ Syiah Kuala Lamdingin tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa ustdz dan ustzah yang peneliti teliti sudah evektif dalam menerapkan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan metode iqro’ hal ini dibuktikan dengan hasil observasi terhadap 4 orang tenaga pengajar di TPQ Syiah Kuala Lamdingin dengan masing nilai yang diperoleh 87%,90%,92%,95% yang artinya persesntase hasil dari pengamatan peneliti di lapangan terhadap ke 4 pendidik yang ada di TPQ Syiah Kuala Lamdingin suduh berada pada nilai diantara 87-100 artinya nilai tersebut sangat baik. Walaupun demikin masih ada kekurangan terhadap pelaksanaanya seperti absen santri yang belum bisa di penuhi setiap hari dan masih ada sedikit ustadz dan ustazah masih seperti menuntun dalam mengajarkan metode iqro’ kepda santri TPQ Syiah Kuala Lamdingin tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Imran M Ag., Dr. Teuku Zulkhairi M.A
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Iqro’
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizki Lukmariadi
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:08
Last Modified: 08 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item
View Item